Selasa, 31 Agustus 2010

Pendiri Perusahaan Motor Terbesar Jepang


YAMAHA


Nama : Torakusu Yamaha
Tanggal Lahir : 20 April 1851
Tempat lahir : Nagasaki, Japan
Meninggal Dunia : 8-Aug-1916
Lokasi Meninggal Dunia: Hamamatsu, Japan
Penyebab Kematian : Tidak spesifik
Jenis Kelamin : Laki-laki
Ras : Asian
Pekerjaan : Business
Kebangsaan : Japan
Executive summary: Founder of Yamaha Corporation

Ayah Torakusu Yamaha adalah seorang prajurit samurai untuk Kii marga, tapi Yamaha dibesarkan dengan pendidikan yang sangat liberal, belajar astronomi, dan teknik mesin.Pada usia 19 ia membuka perusahaan pembuatan jam dan perbaikan yang kemudian perusahaan itu gagal,dan setelah itu ia bekerja sebagai tukang umum memperbaiki alat-alat medis dan gadget lainnya.Sebuah sekolah di kota kecil Hamamatsu meminta yamaha memperbaiki barang berharga milik sekolah itu berupa organ buatan Mason amerika dan Hamlin, dan dalam melaksanakan tugas tersebut yamaha belajar tentang kerja interior instrumen.pada tahun 1887 dia mulai membuat organ sendiri di bawah panji YAMAHA FUKIN (Organ) MANUFACTURING COMPANY, dan sepuluh tahun kemudian usaha ini digabungkan dan re-bernama Nippon Gakki Co (Perusahaan Alat Musik Jepang).Setelah Yamaha melakukan perjalanan ke Amerika untuk belajar piano desain, Nippon Gakki piano tegak mulai membangun pada tahun 1900, dan memperkenalkan grand piano pertamanya pada tahun 1902. setalah kematian yamaha pada tahun 1916, Nippon Gakki terkenal di dunia karena keyboard instrumenya.

Dalam dekade berikutnya, Nippon Gakki diversifikasi dalam pembuatan perahu, rumah elektronik, sirkuit terpadu, dan barang-barang olahraga, dan membuka pertama Yamaha Music School pada tahun 1954. Yamaha Motor Company, sebuah pembuat sepeda motor, didirikan sebagai anak perusahaan pada tahun 1955. Pada tahun 1987, untuk merayakan ulang tahun keseratus dan menghormati pendirinya, pusat bisnis itu kembali bernama Yamaha Corporation.

HONDA



Soichiro Honda (本田宗一郎 Honda Sō'ichirō, 17 November 1906–5 Agustus 1991) adalah seorang industrialis Jepang yang dilahirkan di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang.
Honda menghabiskan masa kecilnya membantu ayahnya dalam bisnis reparasi sepeda. Pada saat 15 tahun, tanpa pendidikan formal, Honda pindah ke Tokyo untuk mencari kerja. Dia bekerja magang di sebuah bengkel pada 1922, dan setelah mempertimbangkan pekerjaannya, ia tetap bekerja di sana selama enam tahun lagi sebelum kembali ke kampung halamannya untuk memulai usaha reparasi mobilnya pada 1928 dalam usia 22 tahun.
Honda menyukai balapan otomotif dan menciptakan rekor kecepatan pada 1936. Dia kemudian mengalami cedera dalam sebuah kecelakaan yang parah - tulangnya patah termasuk di kedua pergelangan tangannya - dan berhasil dibujuk istrinya untuk berhenti membalap. Honda lalu berkonsentrasi pada usahanya, dan pada 1937 dia pindah ke pembuatan cincin-piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS,Tokai Seiki Heavy Industry). Pada 1948 dia menjual IBTS kepada Toyota seharga 450.000 yen (kira-kira sama dengan 1 juta dolar AS jika diukur pada tahun 2003).
Pada 1948 Honda memulai produksi sepeda motor sebagai presiden Honda Corporation. Honda mengubah perusahaan tersebut menjadi sebuah perusahaan multinasional berharga milyaran yang memproduksi sepeda motor terlaris di dunia. Rekayasa mesin Honda yang sangat baik dan pemasaran yang pintar membuat Honda berhasil melebihi penjualan sepeda motor Triumph dan Harley-Davidson di pasaran lokal mereka masing-masing.
Honda tetap menjabat presiden perusahaan hingga dia pensiun pada 1973, kemudian tinggal sebagai direktur dan diangkat sebagai "penasehat tertinggi" pada 1983. Setelah pensiun Honda menyibukkan dirinya dengan pekerjaan yang berhubungan dengan Yayasan Honda. Dia meninggal pada 1991 karena gagal lever.


KAWASAKI


Lahir di Kagoshima untuk pedagang kimono, Shozo Kawasaki menjadi pedagang pada usia 17 di Nagasaki, satu-satunya tempat di Jepang kemudian terbuka ke Barat. Dia memulai bisnis perkapalan di Osaka pada 27, yang gagal ketika kapal kargo tenggelam selama badai. Pada 1869, ia bergabung dengan sebuah perusahaan penanganan gula dari Kepulauan Ryukyu, yang didirikan oleh seorang samurai Kagoshima, dan pada tahun 1893, diteliti Ryukyu gula dan rute laut ke Ryukyus atas permintaan dari Departemen Keuangan. Tahun 1894, ia diangkat menjadi Executive Vice President dari Jepang Mail Steam-Powered Shipping Company, dan berhasil membuka rute laut ke Ryukyu dan pengangkutan gula ke daratan Jepang.
Setelah mengalami banyak kecelakaan laut dalam hidupnya, Kawasaki memperdalam kepercayaannya di kapal Barat karena mereka lebih luas, stabil dan lebih cepat daripada kapal khas Jepang. Pada saat yang sama, ia menjadi sangat tertarik pada industri pembuatan kapal modern. Pada April 1876, didukung oleh Matsukata Masayoshi, Wakil Menteri Keuangan, yang berasal dari provinsi yang sama seperti Kawasaki, ia mendirikan Tsukiji Kawasaki Shipyard di tanah yang dipinjam dari pemerintah di samping Sumidagawa River, Tsukiji Minami-Iizaka-cho (saat ini Tsukiji 7 -chome, Chuo, Tokyo, sebuah langkah besar maju sebagai pembuat kapal.
Kawasaki Heavy Industries, Ltd melacak asal-usulnya untuk tahun 1876, ketika Shōzō Kawasaki (川崎正蔵) didirikan Kawasaki Shipyard Tsukiji di Tokyo, Jepang. Delapan belas tahun kemudian, pada tahun 1896, itu dimasukkan sebagai Kawasaki Dockyard Co, Ltd.

Beberapa tipe mesin



  • Mesin berikut adalah mesin berkonfigurasi inline cylinder atau silinder segaris. Dengan konfigurasi seperti ini, mesin cukup menggunakan satu poros engkol dan satu garis kepala silinder. Kelebihan dari konfigurasi mesin ini yaitu mudah dipasang dan mudah diservis. Namun kelemahannya adalah mesin jenis ini memiliki tinggi yang cukup tinggi dan tenaga yang dihasilkan tidak sebesar mesin berkonfigurasi V.


  • Mesin berkonfigurasi V atau biasanya orang barat bilang V-engine. Silinder disusun ke dalam 2 bentuk, bentuk bersudut 60 atau 90 derajat. Mesin ini menggunakan satu poros engkol. Masing-masing jurnal poros engkol digunakan untuk memasang 2 batang piston. Lantaran memiliki 2 buah blok mesin, mesin jenis ini memiliki dua kepala silinder. Keuntungan mesin ini, yaitu memiliki tenaga yang lebih berlimpah dibanding inline silinder namun kerugiannya adalah boros BBM dan bila rusak lebih sulit diperbaiki dibanding inline.
  • Slant Cylinder Engine adalah konfigurasi mesin segaris atau inline namun dengan posisi miring. Mesin jenis ini sama seperti inline dan dengan posisi ini, jenis mesin ini sangat cocok untuk minibus.
  • Konfigurasi mesin ini sering disebut mesin boxer yang digunakan untuk mobil VW dan Porsche. Mesin jenis ini memiliki ketinggian mesin yang cukup rendah, karena sudut antar silinder berlawanan adalah 180 derajat dan hanya dengan satu poros
  • Konfigurasi mesin ini memiliki lebih dari dua silinder dengan mengelilingi sebuah poros engkol dibagian tengahnya. Biasanya konfigrasi mesin ini digunakan untuk mesin pesawat terbang dengan pendingin udara. Kelemahan model ini adalah gerak batang piston yang lambat.

Sebagian besar untuk mesin mobil, tapi ada juga motor bermesin seperti diatas, terutama in-line engine.

Mesin Rotary Pada Mazda

Ide rotary engine ini sudah dikenal sejak lama (Felix Wankel: 1954), yang mana perbedaan dengan mesin recipro piston biasa adalah tidak perlunya perubahan energi gerak dari gerak lurus piston ke gerak putaran roda. Pada rotary engine ini fungsi piston serta connecting rod atau batang engkol di rangkap oleh rotor yang berbentuk seperti segitiga sama-sisi, dengan bagian tengah berupa roda gigi untuk berputar pada sumbu eksentrik.
Ruang bakar dari rotary engine ini terbentuk antara cavity yang dibuat di permukaan rotor dengan permukaan housing dimana rotor tsb berada. Karena rotor tersebut memiliki tiga sisi permukaan yang mampu dibuat cavity, maka ruangan bakar pada rotary engine ini berputar seiring dengan putaran rotor. Jumlah tiga buah cavity pada rotor ini memungkinkan proses pembakaran terjadi tiga kali untuk setiap putaran rotor.
Karena pendekatan yang berbeda antara rotary engine dengan mesin piston biasa, rotary engine ini memiliki beberapa keuntungan antara lain, trasmisi tenaga yang lebih mulus karena sejak awal tenaga yang terjadi adalah tenaga putar. Memiliki unit power yang tinggi dilihat dari ukuran ruang bakarnya. Perubahan torsi juga terasa lebih halus yang mengakibatkan sedikit getaran. Disamping itu karena mekanisme pertukaran gas tidak menggunakan katup, maka jumlah komponen pada sistem rotary engine jauh lebih sedikit daripada mesin piston.
Namun begitu rotary engine memiliki juga kelemahan yang mendasar yaitu sulitnya menjaga kerapatan ruang bakar, sehingga terjadi kebocoran gas pada sistem sealing-nya. Problem utama pada seal ini terjadi pada ujung atau sudut rotor dan housing. Hal ini mengakibatkan tidak effisiennya bahan bakar, disamping itu secara perbandingan antara luas permukaan dan volume dari ruang bakar, menunjukkan bahwa luas permukaannya cukup besar sehingga gas yang bekerja mengalami pendinginan atau cooling lost yang relative tinggi. Efek langsung yang terjadi adalah banyaknya senyawa hidrocarbon yang tidak bisa terbakar dengan baik pada tiap siklus yang terjadi. Untuk membantu kesempurnaan pembakaran khususnya pada awal reaksi tersebut terjadi, dilakukan juga pemasangan busi lebih dari satu untuk setiap housing.
window.
Produk mobil yang menggunakan sistem ini misalnya Mazda RX-7. Pada Mazda RX-7 ini dipakai dua rotor, sedangkan pada produk mobil yang lain yang juga pernah diproduksi oleh Mazda yaitu Unos Cosmo memakai tiga rotor, produk Unos Cosmo sendiri sudah tidak diproduksi lagi.
Selain aplikasi rotary engine pada sistem mobil, aplikasi yang pernah dilakukan juga meliputi mesin speed-boat, pembangkit listrik, snow mobil, mesin industri pabrik dsb. Selain pembakaran dengan sistem cetus api, sistem diesel rotary engine juga menjadi salah satu penerapan mesin ini, tetapi karena pembakaran diesel memerlukan tekanan yang tinggi, dipakai dua step ruang bakar. Metoda ini pernah dicoba oleh Roll Royce dengan dua buah rotor dalam satu housing, masing-masing rotor untuk tekanan rendah dan rotor untuk tekanan tinggi. Udara yang dimampatkan dengan rotor tekanan rendah, diarahkan ke rotor tekanan tinggi. Lalu pada ruangan untuk rotor tekanan tinggi ini diinjeksi kan bahan bakar sehingga reaksi pembakaran diesel bisa terwujud.
Mesin rotari lebih ringan daripada mesin konvensional yang menggunakan piston. Pada mesin konvensional, gerak vertikal, gerak horizontal, atau gabungan antara keduanya (pada mesin yang berkonfigurasi V) diubah menjadi gerak putar sebelum disalurkan ke roda. Dan, perubahan gerak itu membuat mesin konvensional memerlukan lebih banyak komponen sehingga bobotnya lebih berat. Belum lagi perubahan gerak itu membuat daya yang dihasilkan mesin banyak berkurang. Pada mesin rotari, mesin bekerja dengan gerak putar sehingga mesin lebih ringan karena komponen yang diperlukan tidak banyak dan tidak ada daya yang terbuang sebelum disalurkan ke roda.
Keunggulan mesin rotari adalah menghasilkan performa yang ekstra kuat dari kapasitas mesin yang secara relatif kecil, putaran mesin yang tinggi (sampai 9.200 putaran per menit), dan bobot mesin yang ringan. Pembatas kecepatan, yang ditandai dengan bunyi berdesing, akan bekerja pada 8.500 putaran mesin per menit (rpm). Namun, 8.500 rpm itu dapat dilampaui dengan mudah, tanpa harus menyiksa mesin yang putaran maksimumnya 9.200 rpm
Seperti mesin yang di miliki oleh Mazda RX8,,Mesin dua rotor yang disandang RX8 itu setara dengan mesin konvensional berkapasitas 1.3 Liter, 4 silinder, tetapi menghasilkan tenaga yang setara dengan mesin konvensional berkapasitas besar yang bersilinder enam.Namun, mesin rotari bukan tanpa kelemahan. Karena mesin bekerja dengan gerak putar, maka dengan sendirinya penurunan kecepatan dengan mesin (engine brake) minimal. Menurunkan gigi persneling untuk mengurangi kecepatan mesin tidak banyak gunanya.
berikut ini adalah gambar dari mesin Rotary yang d gunakan pada mazda RX8,,mesin begitu kecil,sehingga banyak menyisakan ruang pada ruang mesin..









berikut ini adalah gambaran dari sistem kerja Rotary Engine..



































berikut ini adalah komponen-komponen dari rotary engine

dari gambar komponen-komponen ini dapat kita lihat perbedaan yang sangat besar antara mesin konvensional dengan mesin rotary,,pada mesin rotary ini kita tidak akan melihat terdapatnya silinder block pada umunya seperti yang terdapat pada mesin konvensional..pada mesin rotari ini juga tidak terdapat piston seperti pada mesin konvensional..

Mesin rotari bikin motor lebih yahud & hemat bahan bakar



Perkembangan teknologi mesin bakar motor memang termasuk lambat dibandingkan mobil. Alasannya, dimensi motor menuntut mesin yang kompak dan ringan. Makanya, teknologi motor tak terlalu banyak berkembang.

Salah satu teknologi mobil yang mungkin bisa diaplikasikan pada motor adalah mesin rotari ciptaan Felix Wankel asal Jerman yang digunakan oleh mobil sport Mazda, yang terkenal dengan bentuknya yang kompak dan efisien.

Mesin berkapasitas 1.300 cc Mazda RX-8 hanya mengonsumsi seliter bensin untuk perjalanan delapan kilometer dengan tenaga yang dihasilkan setara dengan mesin konvensional berkapasitas 3.500 cc V6.

Wankel adalah insinyur yang bekerja di produsen sepeda motor Jerman, NSU pada 1950-an. Saat NSU meluncurkan produknya pada akhir 1959, mesin unik itu jadi rebutan seratus perusahaan mobil di dunia, termasuk Mazda.

Sayangnya, mesin rotari NSU atau Ro80 itu gagal karena haus oli serta bahan bakar dan lenyap karena NSU bangkrut.

Kini mesin rotari sukses dikembangkan oleh Mazda, pabrikan asal Hiroshima, Jepang lewat RX-7 dan RX-8 yang menggunakan dua rotor atau renesis yang lebih irit bahan bakar dan lebih bersih.

Kini teknologi ini dikembalikan pada motor oleh perusahaan RCV Engines Ltd. Untuk mendapatkan dimensi yang kecil, RCV hanya menggunakan satu busi untuk mesin prototipe 125 cc mereka.

Berkapasitas kecil

Menurut Manajer Direktur RCV Engines Ltd Eric Hill, dengan menggunakan teknologi ini bisa diperoleh motor dengan mesin berkapasitas kecil, tapi bertenaga besar, sehingga hemat bahan bakar.

Bersama timnya, Eric telah membuat simulasi mesin rotari 125 cc yang bisa menghasilkan tenaga hingga 12,5 tenaga kuda. Bandingkan dengan mesin konvensional berkapasitas sama yang hanya bisa menghasilkan 9 tenaga kuda.

Melihat hal tersebut, RCV Engines Ltd lantas mengembangkan mesin berkapasitas 49 cc yang dipergunakan untuk skuter dan 100 hingga 110 cc untuk motor bebek yang merupakan pangsa pasar terbesar di Asia dan Eropa.

Selain itu, RCV Engines Ltd juga telah mendesain teknologi katup silinder tertutup untuk menghindari percampuran minyak pelumas ke sistem pembakaran cylinder valve sealing system (CVSS).

SVCC menggunakan tiga ring penutup yaitu penutup aktif, geser, dan statis yang masing-masing berbeda ketebalannya, namun tahan terhadap tekanan dan kompresi pembakaran.

Sayangnya, RCV Engines tidak berhasil mencari solusi terhadap rendahnya engine brake yang dihasilkan mesinnya. Kita tahu engine brake bermanfaat untuk mengurangi laju kendaraan dengan menurunkan transmisi.

Rendahnya engine brake terjadi karena mesin rotari bekerja dengan gerak putar. Akibatnya, pengemudi harus sepenuhnya mengandalkan kinerja rem.

Menurut rencana, dalam waktu dekat mesin yang dirancang RCV Engines Ltd akan diproduksi secara massal oleh produsen motor asal Taiwan, Motive Power Industry (MPI). (Algooth Putranto)

Rekayasa Mesin Rotary Mazda




Sejarah permobilan mencatat bahwa salah satu penemuan terbaik di sektor pembangkit daya adalah mesin rotary yang dibuat oleh Felix Wankel. Mesin ini terbilang unik, karena pistonnya merangkap sebagai ruang bakar dan memiliki gerak berputar (berotasi), bukan seperti mesin lainnya yang lazim bergerak vertikal ataupun horisontal. Awalnya, mesin rotary dipasang pada pesawat tempur Jerman di era ‘50-an. Baru kemudian, teknologi ini dilirik produsen otomotif, seperti GM, Mercedes-Benz, Rolls-Royce, dan Mazda.

Namun, di antara para manufaktur tersebut, di tangan Mazda-lah lompatan terbesar teknologi mesin rotary terjadi. Melalui Mazda Cosmo Concept, di ajang Tokyo Motor Show 1963, mesin ini menyihir publik karena meski berkapasitas kecil, tenaga dan torsinya cukup besar. Tradisi itu berlanjut hingga kini, di mana mesin rotary adalah jantung pacu wajib untuk mobil sport Mazda RX-series.

Seiring rumor akan hadirnya RX-7 anyar dan RX-8 terbaru di 2010, Mazda terlebih dahulu menggulirkan sumber tenaganya. Mesin ini merupakan generasi anyar jantung pacu berkode 16X, yang diklaim lebih bertenaga dan lebih irit, berkat adanya perubahan desain dan penyematan teknologi baru.

Tahun 2009 ini pun selubung misteri RENESIS (akronim darai Rotary Engine GENESIS) terbaru mulai tersingkap. Ubahan pertama dapat dilihat dari disematkannya teknologi khas Mazda, DISI (Direct Injection Spark Ignition). Pada dasarnya, sistem injeksi ini akan mencampur terlebih dahulu udara dan bensin, sebelum disuntikkan ke ruang bakar. Tujuannya, agar torsi tetap terjaga di segala putaran. Walhasil, karena torsi yang dihasilkan konstan, mobil pun akan berakselerasi lebih cepat.

Ubahan berlanjut dengan penggunaan dua busi tiap silinder. Selain itu, jarak antar busi dan jarak busi ke ruang bakar juga diubah. Cara ini dilakukan agar pembakaran stabil. Sebagaimana diketahui, piston pada mesin rotary juga berfungsi sebagai ruang bakar. Kondisi ini mengakibatkan besar kemungkinan terjadi ketidaksempurnaan pembakaran saat putaran tinggi, karena piston bergerak terlalu cepat dan waktu percikan api busi tidak tepat. Lalu, untuk mengeliminasi overlap (bentroknya arus masuk BBM dengan aliran keluar sisa pembakaran), dimensi piston dan cangkangnya diperbesar.

Isyu tentang mesin rotary yang boros oli mesin juga dapat diatasi dengan mengubah dan memperbesar jalur pelumasan. Penggunaan oli lebih efisien karena dapat menjangkau area yang lebih luas ketimbang cara lama, di mana oli mesin berkumpul di satu dua titik pelumasan. Dari perubahan yang ada, bisa dipastikan terjadi kenaikan kapasitas mesin. Diperkirakan, mesin baru ini hadir dalam konfigurasi twin rotor, 800 cc x 2 (sebelumnya 654 cc x 2), dengan bahan bakar lebih hemat 20% dan menghembuskan tenaga hingga 270 hp (dari sebelumnya 260 hp).

Mesin Racing





Product Details:

Brand Name: YUMINASHI
Produced by: MASATO CO., LTD.
Model Number: HK172R-ST4 K0
172CC 4-VALVES

Listing Description: New 4-Valve Nicasil 172cc Racing engine with 6-Disc Clutch

Detailled Description:

HK172R-STD K0
Ccm: 172cc
Bore 62mm x Stroke 57mm
Cylinder: Nicasil 62mm (KSR110 model)
Piston: 62mm Flat piston
Cylinderhead: 4-Valve ST4-Head (KSR type of head)
Valves: 4-Valves ( Inlet valve 21mm x 2 / Exhaust valve 18.5mm x 2 )
Carburetor: 28mm
Ignition: Outer rotor D/C racing ignition with light coil and special 500gr magneto.
Clutch: New 6-Disk Clutch
Crankcases: Reinforced
Gearbox: STD Gearbox on Needle Bearings.
Oil Filter: External Oil Filter, our engines don't use the old type oil spinners.
Kickstarter Axle: Reinforced by 12% (Kawasaki KR150 Axle)
Cooling: Oil Cooler

The engines are complete with Carburetor, Intake Pipe, Oil Cooler, Kickstarter, Gear Change Pedal, Metal Weaved Oil Cooler Hose, External Oil Filter and all Electrics.

These 4-Valve engines fit on:

HONDA:

CD70 - CD90 - CD100 - XR50R – XR70R – CRF50F – CRF70F - WAVE100 (All) – WAVE110 (All) – SOLO (2003) - NICE110 (ZN110 – ZN110C ) – NICE110 U-BOX (ZN110T) – 12V CDI BENLY CL50 – LITTLE CUB 50 - MONKEY R (Z50JRH - 1987) – MONKEY RT (Z50JRJ / 1987 - 1988) – ZB50 (1987) – MONKEY BAJA (Z50JM / 1991 – 1992) - 12V CDI GORILLA 50 - 12V CDI MONKEY 50 (Z50J) – 12V CDI DAX 50/70 (AB23 and AB26 / 1986 - 1999) – JAZZ 50 – MAGNA 50 – C100 BIZ (1998) – CD70C (1983) - CD100SS (1991) – FUTURE 110 (1999) - ASTREA STAR (1986) – ASTREA SUPRA-X (1999) – CUB100EX (1988) – EX5 (1987) – EX5 CLASS1 (1999) - 12V CDI C50 / C70 / C90

Honda akan membangkitkan CBR 250 Fireblade


8727_1238843683628_1005339494_778428_3245612_n
Honda VTR 1000 SP-2
CBR 250 Fireblade akan bermesin V twin
Nampaknya Honda tidak mau berlama-lama membiarkan Kawasaki sendirian menguasai Superbike mini 250cc. Apalagi setelah melihat kesuksesan penjualan Ninja 250R di seantero bumi. Tidak tanggung tanggung, Honda dikabarkan menggunakan VTR-250 sebagai basis mesin. Pasalnya mesin V-Twin pada VTR lebih dahsyat ketibang mesin inline yangg digunakan oleh CBF 250 ataupun kompetitornya Ninja 250R.
cbr250rr2
CBR 250 – Sumber : Taufik. Ninja250r.wordpress.com
CBR 250 Fireblade akan bertampang Pesek seperti kakanya yang 1000cc
Don’t change the winning team! hal ini nampaknya dipegang juga oleh honda. Desain CBR 1000 Fireblade merupakan desain paling futuristis, aerodinamis dan ergonomis. Bahkan dibandingkan dengan kompetitornya yang lebih gress seperti YZF R1. CBR 250RR sendiri sangat populer baik di akhir era 80 hingga awal abad ke 21. Apalagi desain CBR dan ukuranya cocok betul untuk orang asia yang bertubuh kecil. Dikabarkan juga Honda telah mempersiapkan produksinya  salah satunya di Thailand tentunya. Gimana AHM ?

Sistem Kerja Mesin Rumit

1. Radial Enginegines
Mesin radial adalah susunan mesin pembakaran dalam, dimana silinder diatur mengelilingi arah sebuah pusat poros engkol seperti jeruji pada roda. Pembakaran ini secara umum digunakan mesin pesawat sebelum digantikan dengan mesin poros turbo dan turbo jet. Mesin Radial ini digunakan untuk menggerakkan baling-baling pesawat.

2. Mesin Uap

Mesin uap adalah mesin yang menggunakan energi panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanis. Mesin uap digunakan dalam pompa, lokomotif dan kapal laut, dan sangat penting dalam Revolusi Industri.

3. Mesin Jahit

Mesin jahit adalah peralatan mekanis atau elektromekanis yang berfungsi untuk menjahit.

4. Mekanisme Maltese Cross

Maltese Cross adalah mekanisme yang menerjemahkan sebuah rotasi terus-menerus menjadi gerakan berputar yang berselang. Mekanisme jenis inilah yang menjadi dasar pembuatan mesin jam.

5. Mekanisme Transmisi Manual

Transmisi manual adalah sistem transmisi otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan/menarik seperti pada sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada mobil dan menukar gigi percepatan secara manual. Gigi percepatan dirangkai di dalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3 gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R).
Hari ini i-dus.com bertemakan tentang"Cara kerja mesin-mesin yang rumit

6. Constant Velocity Joint

Constant Velocity Joint memungkinkan poros berputar untuk mengirimkan daya melalui sudut variabel, kecepatan rotasi konstan, tanpa peningkatan berarti dalam gesekan atau bermain. Mekanisme ini biasanya terdapat pada system pergerakan pada roda mobil.

7. Sistem Torpedo Penghancur Pada Kapal

Torpedo adalah proyektil berpenggerak sendiri yang ditembakkan di atas atau di bawah permukaan laut dan kemudian meluncur di bawah permukaan laut dan dirancang untuk meledak pada kontak atau pada jarak tertentu dengan target. Torpedo dapat diluncurkan dari kapal selam, kapal permukaan, helikopter atau pesawat.

8. Rotary Engine

Rotary engine adalah mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran dirubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu. Orang lebih mengenal mesin rotor dengan sebutan piston. Karena mesin rotor sangat kompak, ringan, mesin ini banyak digunakan pada berbagai kendaraan dan peralatan seperti pada mobil balap, pesawat terbang, go-kart, speed boat.

Kamis, 26 Agustus 2010

Motor Baru Indo Biker

Sachs Madass Moped Futuristis !









Kwalitas Jerman di buat di China – Mantab !
Sachs Madass merupakan sebuah moped yang berasal alias di buat oleh pabrikan Jermas – Sachs Motorcycle pada tahun 2000. Motor ini dikategorikan sebagai moped atau motor bebek. Hanya saja lisensinya juga di miliki oleh pabrikan China. Meski di buat di China sebenarnya tidak perlu kuatir karena  kwalitas Sachs Madass tetap sama dengan buatan asli Jerman!
Fitur  Sachs Madass diatas rata rata motor sekelasnya !
Sachs Madass sendiri memiliki cirikhas tersendir yang membuatnya mudah dibedakan dibading motor lainya. Motor ini tidak memiliki fairing atau body. Melainkan rangka yang terbuat dari besin dan stainless steel yang di cat warna Silver-Hitam-Putih atau Kuning. Tangki bensin berada di dalam rangka motor, mirip dengan motor buatan Buell. Suspensi sudah monoshock dan menggunakan double cakram. Varian mesin adalah 50cc dan 125cc. Bobot motor adalah 95kg, dengan lampu depan diposisikan vertikal seperti Ducati Superbike 999. Ada dua pilihan transmisi Manual 4 percepatan atau matik sentrifugal. Di Australia motor ini di bandrol $ 3800 AUD alias 25 juta rupiah! Harga tersebut dua kali lipat dari harga Sachs Madass yang ditawarkan di Indonesia. Meski demikian di Australia Sendiri Sachs Madass malah menjadi favorit untuk dijadikan kendaraan komuter ketibang Yamaha Scorpio Z yang dibandrol 32 juta rupiah 8O ataupun Yamaha Vino dengan harga yang sama. Kesimpulanya … Yuk kita beli Madass! (kepingin mode : on)


05
Mei
09

Sportbike Apik tapi Irit … Ini dia yang Dicari!

mierva11
Minerva Sach 250R Tampilan Apik Harga irit
Bertenaga 23,5 hp pada 8500 rpm, jelas bukan tandingan Kawasaki Ninja 250R  yang bertenaga nyaris 40 hp. Apalagi bila dibandingkan dengan sisi non teknis mulai dari jaringan 3s, brand image, hingga prestis yang ditawarkan sudah barang tentu Kawasaki berada di atas Minerva. Tetapi ada satu hal dimana Minerva Sach 250R  memiliki keunggulan dibanding Ninja 250R, yaitu faktor penampilan! Ya, penampilan Sach 250R yang memiki siluet seperti Ducati 1198 ini telah dilengkapi kenalpot undertail khas CBR600RR dan buritan kecil nan gepeng khas Fireblade 2008. Apalagi harga yang ditawarkan berada dibawah 30 jutaan (28 juta) Setidaknya bagi biker yang mementingkan penampilan ketibang performa dan bukan merupakan fanatik produk Jepang, bukan tidak mungkin Sach 250R menjadi pilihannya!
Performa No2 yang penting tampilanya dong!
Yup, mungkin bagi para speed freak performa Minerva Sach 250R bikin mereka geleng2 kepala. Tetapi bagi sebagian biker yang mengutamakan tampilan rasanya Minerva Sach 250R sudah lebih dari cukup. Bahkan dibanding Ninja 250R sekalipun. Satu hal lagi untuk urusan konsumsi BBM motor ini terbilang hemat. Tenaga mesin yang cuma 23,5 hp malah tebilang oke untuk penggunaan harian! Nah jika konsumen bisa mengesampingkan “brand image” bukan tidak mungkin Minerva Sach 250 bisa menyamai shock terapi yang dilakukan bajaj lewat pulsar 160 DTSi.   
27
Apr
09

Suzuki Gladius, Futuristis dan Ekonomis !

suzuki_sv-f_650_gladius_2009_02_1280x800
Memiliki kemiripan dengan MV-Agusta Brutalle, hanya saja lebih Ekonomis !
Suzuki Gladius SV 650 Cita Rasa Italy Ergonomis Jepang
Suzuki Gladius merupakan sebuah motor cruiser kelas menengah yang mengedepankan sisi penampilan dan ergonomis ketibang performa. Tidak salah memang, karena baik untuk pasar jepang-amerika dan eropa segmen yang paling di gemari adalah kelas naked bike-medium cruiser.  Dimana penggunaan motor ditujukan untuk penggunaan harian, ketibang untuk kebut kebutan. Gladius sendiri menggunakan mesin SV-650 berkonvigurasi V-twin yang juga digunakan oleh Cagiva Raptor 650. Tenaga motor memang “biasa saja” yaitu sekitar 70 hp. Namun yang unik adalah penampilan motor tersebut. Sasis Twin Tube Trellis frame khas motor Italy plus headlamp oval menjadi kan motor ini mirip dengan MV Agusta Brutalle yang berharga 3 kali lipatnya! Plagiator? Tidak juga, karena hubungan Suzuki dengan pabrikan milik Claudio Categlioni ini memang selama ini terjalin cukup baik, terbukti dengan pengembangan bersama sama keluarga Raptor dan Brutalle yang banyak mendapat bantuan oleh Suzuki!
mvaugusta_brutale_910_r_italia_2007_02_1280x8001
Siluet Suzuki Gladius memang mirip banget dengan saudara jauhnya, Brutalle !
Di Australia Gladius di bandrol sekitar 80 juta, di Indonesia ?
Suzuki gladius di rancang untuk head-to-head melawan Ducati Monster 696 yang berharga 30% lebih mahal namun lebih “Iconic” ataupun menghadapi Kawasaki ER-6 yang lebih sporti. Namum jika di gabungkan antara penampilan + performa + ergonomis maka bisa dibilang Suzuki Gladius unggul telak dibanding kompetitornya! Nah yang menarik di sini adalah harganya. Karena Suzuki Gladius di bandrol cukup murah yaitu $10.000 aud alias cuma berselisih $3.000 dollar dengan Kawasaki Ninja 250R yang di indonesia di bandrol sekitar 45 jutaan. Nah!  
05
Apr
09

BMW HP2 Sport … Bukan Produk Pasaran dan Rewel !

bmw-hp2-sport
Superbike Eropa Tercantik … menurut Indobikers sich !!!
Sensasi Mesin Boxer
Seperti biasa, pabrikan raksaksa asal jerman ini menggunakan mesin Boxer berpendingin udara 8valve berkapasitas 1170cc. Tenaga maksimumnya memang “biasa” saja yaitu 128 hp pada  9000 rpm. Tetapi untuk urusan torsi jangan ditanya, motor ini mampu menembakan torsi sebsear 115 nm pada 8000 rpm. Artinya motor ini amat nyaman untuk menikung maupun berakselerasi. Terlebih mengingat motor ini bermesin Boxer yang minim hentakan.

Gabungan Tube Trellis dan Diamond cut
Bicara soal sasis, BMW menggunakan gabungan antara sasis Diamond cut pada bagian depan dan tube trellis khas motor itali pada bagian belakang. Untuk urusan penggerak, berbeda dengan superbike pada umumnya, motor ini menggunakan gardan ketibang rantai, yah nggak heran soalnya motor ini menggunakan mesin boxer yang merupakan pasangan paling tepat untuk sistem penggerak tersebut.

Anda Bukan Bicara Produk Jepang yang “Pasaran” atau produk italy yang “Rewel”
Anda membicarakan sebuah mahakaria dari bavaria dimana kesempurnaan antara prestis, performa, reabilitas dijadikan sebuah kesatuan. Anda bisa cuap-cuap produk  jepang memiliki performa yahud atau produk Italy memiliki prestis tinggi. Tetapi keduanya tidak mempu menggabungkan keduanya dengan benar. Jika bicara BMW anda bicara sebuah kesempurnaan. Dan Inilah yang anda dapatkan bila menggabungkan antara Ducati 1198S dengan YZF R1 dengan sentuhan MV Agusta. Kesempurnaan dan passion tersendiri dalam bermotor !
25
Mar
09

Pada Dasarnya Ergonomis Skutik Suzuki Yang Paling Oke !!!

Spin, Skywave dan Skydrive … Paling Bertenaga dan Ergonomis
dibanding kompetitornya seperti Yamaha Mio, Honda Vario dan Beat gaung skutik suzuki rasanya kurang terdengar. Spin kurang laku, Skywave meski terbilang faktor ergonomis merupakan yang terbaik namun kalah ngetren dibanding Mio Soul yang berdesain futuristis. Bran Suzuki pun masih kalah gregert dibanding lambang sayap Honda. Akibatnya kendati memiliki performa yang paling baik skutik Suzuki kurang diminati oleh konsumen.
Suzuki Skydrive, Dibandrol 13 jutaan Berminat ?
Lansiran terbaru untuk segmen Skutik, Suzuki merilis suzuki Skydrive. Gak usah banyak ba,bi,bu fiturnya memang masih terbilang standar skutik yang beredar saat ini yaitu seperti rem cakram depan, mesin 125cc dan ruang penyimpanan barang yang lumayan besar di bawah jok. Hanya saja meneruskan tradisi Skywave, ruang penyimpanan di bawah stang tetap ada, hanya saja ukuran dan posisinya dibuat lebih ke  atas dan mengerucut agar tidak menyentuh lutut pengendara. footrest bagi penumpang di buat lebih tinggi demi alasan keamanan (ingat desain pijakan kaki pada mio tergolong berbahaya, karena berada di luar dan terlalu rendah) apalagi desain lampu depan termasuk lumayan futuristis dan terang. Sekarang tergantung anda menilainya karena dari faktor ergonomis dan performa Skydrive memang berada di atas pesaingnya.
24
Mar
09

Aprilia RS 125 – Dipatok Rp 99 Juta : Berminat ?


Aprilia RS 125 : Secara Teknis memang sempurna
Sebagai motor buatan Italy aura sport aprilia RS 125 memang sangat kental. Mesin 125cc nya jelas berbeda dengan mesin 150cc yang dimililki motor sport 2 tak lainya semisal Kawasaki Ninja 150rr bahkan Cagiva Mito sekalipun. Bobotnya yang cuma 122 kg merupakan yang paling ringan di kelasnya. Tenaga motor sebesar 34,5 hp dapat diraih dengan melepas restriktor kit (di uni eropa pengendara pemula tenaga motornya dibatasi pada 20 hp) dan top speed yang diraih bisa mencapai 210 kpj. Pastinya anda bisa mengasapi dengan mudah keluarga Kawasaki Ninja baik 150 maupun 250cc. Apalagi RS 125 didudkung sasis dan piranti keselamatan jempolan, tak lain adalah rem Brembo berdiameter 320mm. Secara tampilan RS 125 persis Aprilia RSV 1000 Factory yang disederhanakan. Ukuran motor 125cc ini bahkan lebih besar dibandingkan Ducati 1098, wow !
Harga Rp 100 Juta OTR, masuk ke Segmen mana ?
Jika ditanya mengenai kelemahan  motor ini, mungkin faktor harga yang menjadi permasalahan, karena harga motor ini dinilai sangat over price! . Harga motor dipatok RP 99 juta rupiah (yah kalo dibuletin nyaris 100 juta) 8O on the road. Artinya 2 kali lipat harga Ninja 250R yang sama sama gress. Masalahnya dengan harga yang nyaris 100 juta, anda sudah memasuki wilayah segmen Moge 2nd hand berkapasitas 600cc . Jadi otomatis pesaing RS 125 adalah motor sekelas Ducati  Supersport 750 tahun 2000an, Cagiva raptor 600 keluaran 2003an ataupun Supersport jepang seperti Yamaha YZF R6, Honda CBR 600F  keluaran 2004an. Sebagai komparasi bila dibandingkan dengan moge kelas 600cc tersebut mungkin dari segi bentuk, RS 125 boleh lah sedikit berbangga namun dari segi fitur apalagi performa jelas Aprlia RS 125 jelas kalah mutlak. Sehingga paling banter konsumen RS 125 adalah pemain moge kelas kakap yang menginginkan motor sport untuk buah hatinya  yang baru saja menginjak 17 tahun ataupun sekedar “mainan” tambahan untuk mendampingi 1098S  dan  HD Electraglide yang sudah lama nongkrong di garasi rumahanya.
18
Mar
09

Honda Crossover DN-01

Honda DN 01, “Maha” Crossover
Siapa bilang CS One merupakan satu satunya produk crossover keluaran honda ? Jika  melihat Honda DN 01, maka artinya anda sedang melihat motor yang berkategori “maha” crossover. kenapa disebut maha crossover?  pada umumnya motor crossover hanya menggabungkan 2-3 jenis sepeda motor menjadi satu. tak usah jauh jauh lihat Honda CS one, yang menggabungkan antara bebek sport dengan skutik. Multistrada yang menggabungkan antara street fighter dengan supermotto. Tetapi tidak demikian dengan Honda DN-01. Konsep yang dipakai adalah, motor dengan kenyamanan skutik, bergaya chopper, selincah sportbike dan mampu digunakan untuk perjalanan jauh serta tidak melupakan unsur eco friendly. dengan konsep 5 in 1, Tidak salah jika DN 01 cocok disebut “maha” crossover
Bagaimana Konsep DN 01 itu ?
Dari tampilan luar yang futuristis menciptakan bentuk aerodinamis sehingga kendati hanya berkapasitas 680cc mampu menembus kecepatan 200 km/j. Mesin V-twin SOHC terletak pas di bawah tangki bensin yang di kelilingi sasis diamond cut mengingatkan pada motor jenis chopper. Anggapan itu tidak salah karena posisi duduk choper memang nyaman terutama disaat motor digunakan untuk perjalanan jauh. Bicara mengenai transmisi DN-01 menganut sistem Autotronic 6 percepatan otomatis, namun pengendara dapat menggunakan mode manual untuk mendapatkan sensasi pengendaraan yang lebih sporty. Knalpot rendah, sistem penggerak kopel plus lengan ayun proarm merupakan fitur tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan pengendara. Bagasi besar, kapasitas tangki 8 gallon menjadi catatan tersendiri.Oh ya, untu faktor keamanan, rem depan dan belakang terintegrasi oleh satu master rem dan telah dilengkapi ABS sehingga pengereman menjadi lebih halus dan mencegah ban terkunci.
Selain di Sirkuit atau Offroad, semuanya bisa di selesaikan oleh DN 01, sayang kemahalan !
Dengan konsep seperti itu nampaknya selain sirkuit ataupun off road semua medan bisa di hadapi oleh Honda DN – 01. Karena memang motor ini ditujukan sebagai motor “pure” all rounder mengingat tidak semua orang butuh motor dengan kecepatan ekstrim ala superbike ataupun suspensi WP untuk of road. Sayang harga motor ini terbilang kemahalan. bahkan DN-01 lebih mahal ketibang produk eropa yang sudah terkenal kemahalan. Dengan harga 15.000 gbp, setidaknya anda bisa membeli Superbike 1198S dengan 1000 pound kembalian atau anda bisa membeli sebuah YZF R1 2009 gress plus suzuki burgman 400 untuk keperluan harian. Bagaimana ?
12
Mar
09

King Of King

Kenapa Cuma Ducati, Honda danYamaha ?
Pertama karena ini kelas Superbike dimana Ducati merupakan juara bertahan WSBK sekaligus perwakilan dari benua eropa, Honda dijadikan tolak ukur sebagai pabrikan motor paling dominan dimuka bumi, sedangkan Yamaha merupakan perwakilan dari dunia MotoGP yang menjadi kiblat bagi motor sport roda dua. Bagi penggemar Kawasaki, Suzuki, Aprila dan KTM nanti akan ada liputanya …
ducati-1098s1
Ducati Superbike 1198S
Produk terbaru ducati di 2009 sebagai perwujudan dari 1098R agar lebih rasional. Berkapasitas mesin 1200cc (1198) ini memiliki penampilan serupa dengan 1098R. Hanya saja karena lebih ditujukan sebagai keperluan harian maka beberapa fitur dari 1098R yang mubazir digunakan diluar sirkuit, di hilangkan dan dijadikan fitur opsional. Fitur yang hilang adalah : Slipper Clutch, Internal Mesin Titanium, Body Carbon dan sub frame Allumunium
Keunggulan dan Fitur Andalan 1198S
1. Merupakan motor massal kedua (setelah 1098r) yang memiliki Traction Control aktif. Traction control tersebut memiliki 8 tingkat intervensi, mulai yang paling rendah cocok digunakan pembalap pro saat melibas sirkuit, hingga paling tinggi – level 8 cocok digunakan di jalan licin.
2. Ducati Data Analysis, tinggal di colok ke laptop maka telemetery  motor akan langsung terbaca. Lagi lagi fitur mubazir jika motor tidak digunakan di sirkuit.
3. Torque to Weight Ratio. Bobotnya paling ringan (169kg) dengan tenaga sebesar 170 hp (klaim) merupakan terkecil dibanding CBR dan R1, tetapi kebalikanya Torsi 1198 paling besar yaitu 132 nm / 8.250 Dengan bantuan DTC – alias traction control aktif tidak heran Troy Bayliss mampu mendominasi WSBK 2008.
honda_cbr1000rr_repsol_2009_01_1024x7682
Honda CBR 1000 RR Fireblade
Ini merupakan produk All New Honda Superbike, Desainya memang aneh, bagian depanya begitu masif , dengan model blunt nose seperti paus pembunuh dan dibagian belakangnya terlalukecil. Namun bukan Honda namanya jika membuat produk asal asalan, semua dilakukan demi faktor aerodinamis. Tenaga motor ini memang bukan yang paling besr tercatat hanya 178 hp dan torsi sebesar 110 nm adalah yang paling kecil, tetapi kalau boleh tahu, kapan kita butuh tenaga 100hp ?
Keunggulan dan Fitur Andalan Fireblade
1. Honda Electronic Steering Damper (HESD) salah satu fitur standar motor ini, fungsinya jelas yaitu membantu mengurangi chatter saat motor berakselerasi pada kecepatan tinggi,
2. Desain Extra Aerodinamis, hempasan angin maupun percikan hujan tertahan dan teralirkan melalui desain fairing blunt ini, terkesan sepele memang, namun dalam perjalanan jarak jauh seperti touring ataupun penggunaan di sirkuit terbukti mampu mengurangi konsumsi bbm dan fatigui pengendara, lagi lagi Honda memang jagonya faktor ergonomis
3. Knalpot samping dengan format 4-2-1-1 tidak memakan tempat dan terlihat sangat rapih! Panas yang ditimbulkan juga tidak terasa, sepertinya boncenger akan memilih motor dengan knalpot samping ketimbang undertail.
2009_yamaha_r1-51
Yamaha YZF R1
Motor Superbike terbaru Yamaha, segala macam fitur dijejali di motor ini. Meski memiliki bobot paling berat dibanding dua rivalnya namun tenaga motor ini merupakan yang paling besar yaitu 182 hp (klaim) / 12.000 rpm, sedangkan torsi sebesar 116 nm bisa di keluarkan pada 10.000 rpm. Sebuah statistik luar biasa dari motor seberat 174 kg ini.
Keunggulan dan Fitur AndalanYZF R1
1. Mesin 998cc inline 4 silinder menggunakan mode crossplane crankshaft dimana  firing interval diposisikan pada 270º – 180º – 90º – 180º. sebuah keunggulan mutlak dibanding rival utamanya 1198 yang cuma menggunakan dua silinder. Pasalnya cranckshaft tersebut membuat penyaluran selalu merata di setiap tingkat putaran mesin, membuat pengendara baik amatir maupun profesional memiliki kontrol penuh terhadap tenaga dan traksi motor.
2. Sasis Die Cast magnesium dimana sasis menjadi lebih tipis namun lebih rigid. Memang dirancang untuk menopang Tenaga dan bobot masif  YZF R1, kesetabilan motor memang sangat luar biasa, terutama saat melibas tikungan.
3. Power To Weight Ratio : meski paling berat 174kg namun Tenaganya paling besar yaitu 182 hp. Artinya untuk urusan putaran atas motor ini praktis tidak punya saingan. Tetapi penggunaan tenaga masif tersebut rasanya hanya cocok digunakan di sirkuit, setuju ?
Kesimpulan :
Sulit memisahkan ketiganya, namun jika dibawa ke dalam dunia nyata maka Honda CBR1000RR adalah pemenangnya, karena meski Tenaga kalah dari R1 dan torsi + bobot kalah dari 1198S namun dibanding motor superbike lainya performa  CBR1000RR tetap merupakan momok dan sangat masif.
Bagi Yamaha dan Ducati, seolah mereka melupakan dunia nyata, dimana faktor kenyamanan berkendara, mengantar keluarga (boncenger) adalah hal krusial. sedangkan desain fairing dan knalpot undertail merupakan rapor merah di sektor ini, sehingga wajar jika mereka harus menganggung malu pada Honda yang begitu komplit di semua lini!
Pilih Mana ?
Quantcast
09
Mar
09

YMKI Ragu Merilis Yamaha R-15 karena Takut Kewalahan ?

yamaha_r15jpg
Emang sih ni Motor Keren Abiess !
Permintaan Konsumen Menumpuk, Produsen Gempor !
Sebuah fenomena menarik di dalam industri roda dua nasional, karena bila ATPM lain berlomba lomba untuk menguasai pasar dengan memproduksi motor sebanyak banyaknya, tetapi YMKI justru ketakutan karena mereka ketakutan tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumenya 8O
yamahar15specification
Lihat Klaim Tenaga dan Torsi maksimumnya … diatas Tiggy, Pulsar 180 dan FU 150 !
Pengalaman V-Ixion membuat Ragu YMKI terhadap R-15
Membludaknya minat masyarakat terhadap V-Ixion telah membuat YMKI kewalahan alias gempor, akibatnya banyak konsumen terpaksa menunda dari mulai 1 minggu hingga 1 bulan lebih. Hal ini dapat membuat konsumen kecewa. Jika dengan 1 jenis V-Ixion saja sudah gempor apalagi dengan kehadiran R-15 yang dipastikan bakal membuat geger karena kombinasi fitur, performa, tampilan dibanding harga yang tidak tertandingi produk manapun.
Statement Unik Petinggi YMKI
“Kami belum merencanakan untuk memasukkan sebuah produk baru, termasuk V-ixion,” tukas Promotion Supervisor PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Indra Dwi Sunda ketika dihubungi detik Oto, Kamis (26/1/2009).Permintaan masyarakat pada V-ixion saat ini saja masih terbilang cukup tinggi dan belum bisa sepenuhnya dipenuhi oleh pihak Yamaha. “Apalagi bila ada produk baru, bisa makin keteteran kita,” ujarnya. (Fachrulhilate)
Sumber : Detik Oto

01
Mar
09

Ducati 848 on Track Day … (artikel ke 400)

indobikers-ducati-848a1
Bobotnya ringan tenaganya pas …
Performa 848 Sangat Berguna Bagi Pemula apalagi bagi yang Pro!
Bobotnya cuma 164 Kg, tenaganya mencapai 134 hp pada 10.000 rpm (klaim) dan torsinya hampir 97 nm pada 8000 rpm. Belum lagi fitur “shift gear asistance” dimana 3 lampu merah pada dashboard full digital akan menyala pertanda torsi maksimum sudah tercapai sekaligus memberitahu pengendara untuk melakukan shift up. Ditangan amatiran seperti Indobikers saja dengan racing line amburadul :lol: lap time bisa didapat 1.56 sedangkan ditangan pengendara yang baik laptime bisa ditempuh dalam kisaran 1.45 dengan mudah :cool: padahal motor dalam kondisi standar. Top speed di straight line bisa mencapai 260 km/j. Untuk keperluan balap, jumlah lap, lap time dan telemeteri data analizer sudah tersedia di dashboard tinggal colok ke laptop untuk di analisa. Sayang tidak seperti kakanya Steering damper dan suspensi ohlins bukan merupakan fitur standar. Oh ya pada Ducati One Make Race 1 Maret ini, Indobikers di atas 848 standar berhasil mendapat posisi ke tiga overall di belakang bro Hiroshi (DDOCI) 1098 dan bro Stiawan  1098S (Vendetta).
ducati-848-indobikers-02
Ditangan amatiran saja enak, apalagi di geber sama profesional …
Kurang Cocok Untuk Harian
Riding position 848 sebenarnya tidak seekstrim 999 ataupun GSXR 750, bahkan karena dimensinya yang terbilang mungil (sama dengan ninja ZX 250) motor ini mampu meliuk diantara mobil disaat mengarungi kemacetan lalu lintas. Hanya saja desain winshield yang rendah membuat tangan pengendara pasti terjepit jikala motor sedang melakukan belokan lock to lock. Keadaan diperparah dengan knalpot undertail yang extra panas serta jok pembonceng  ekstra kecil membikin boncenger makin tersiksa.
img_0248
Poto ini yang ngambil GusPur … :mrgreen:
26
Feb
09

Yamaha YZF R1 – 2009, Menghilangkan Keganjilan

2009-yzf-r1-colour-white
Tampilan Beda Total bow !
All New YZF R1 Seram Tampilan, Sangar Performa …
Sejak tahun 2005 praktis Yamaha tidak melakukan perubahan signifikan pada produk flagshipnya, YZF R1. Namun menurunya penjualan di pasar eropa (tidak terjadi pada R6) disinyalir karena produk kompetitor seperti Ducati, Honda, Suzuki dan Kawasaki plus KTM telah menelurkan varian all new pada line up superbikenya. hal ini direspon oleh Yamaha dengan merilis All new R1 pada tahun 2009.
Mesin 998cc inline 4 silinder menggunakan mode crossplane crankshaft dimana  firing interval diposisikan pada 270º – 180º – 90º – 180º. sebuah keunggulan mutlak dibanding rival utamanya 1198 yang cuma menggunakan dua silinder. Pasalnya cranckshaft tersebut membuat penyaluran selalu merata di setiap tingkat putaran mesin, membuat pengendara baik amatir maupun profesional memiliki kontrol penuh terhadap tenaga dan traksi motor.
cros
Cross Crackshaft
Yamaha Menuangkan Semuanya Pada R1 2009 dan Tidak akan ambil Resiko
Ternyata usut punya usut, pembatalan duel Rossi vs Bayliss alias duel antara YZF R1 2009 vs Superbike 1098R erat kaitanya dengan unsur dagang (gara gara statement/artikel ini Indobikers sempat di cap berat sebelah, padahal penulis juga merupakan pengendara YZF R1 ;) ) Yap karena jika sampai kalah dengan Bayliss secara langsung bisa menjadi preseden buruk bagi marketing Yamaha.
Padahal Yamaha tidak tanggung tanggung dalam membangunYZF R1 ini. Bayangkan tenaga 182 hp dengan mudah bisa di telurkan pada 12.000 rpm, sedangkan torsi sebesar 116 nm bisa di keluarkan pada 10.000 rpm. Sebuah statistik luar biasa dari motor seberat 174 kg ini. tenaga tersebut lebih besar dari CBR1000RR fire blade (178 hp) dan 1198s (170 hp). Urusan sasis lain lagi, terlihat tidak berubah namun bahan yang digunakan adalah Die Cast magnesium dimana sasis menjadi lebih tipis namun lebih rigid. Berbeda dengan R1 sebelumnya, Yamaha kini menggunakan Rem terbaik didunia, yaitu Brembo sebagai fitur standar penghenti laju motor.
2009-yzf-r1-colour-white-rrr
Menghilangkan Keganjilan
Kita bicara WSBK, alias “indoprixnya moge” dimana motor yang bertarung disini adalah motor yang dijual massal minimal 150 unit. Nah disini letak keganjilanya! Yamaha merupakan satu satunya pabrikan yang belum pernah menjadi jawara WSBK, padahal pabrikan ini merupakan pabrikan paling konsisten sepanjang sejarah WSBK. Jika dihitung dalam kurun waktu 10 tahun kebelakang, Ducati sudah 3 kali mengganti tipe motor, Honda 3 kali, Suzuki 2 kali dan Kawasaki 3 kali. Sedangkan Yamaha sejak perubahan regulasi selalu konsistern menggunakan tipe YZF R1, namun tetap hampa gelar! Rasanya hal ini yang kerap membuat YZF R1 kadang menjadi minder bila membahas dunia WSBK. Apalagi bila dibandingkan tim Suzuki dan Kawasaki, mereka saja setidaknya pernah merasakan menjadi kampiun. Mungkinkah keganjilan itu sirna di tangan R1 2009 ini ? Hmm
24
Feb
09

Honda CBR1000RR Fire Blade – Killer Whale

honda_cbr1000rr_repsol_2009_01_1024x768
Segala Fitur Performa Ada Disini …
Ok,kita bicara tenaga mesin. Honda mengklaim CBR1000RR Fireblade 2009 ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 178hp (klaim) pada 12.000 Rpm alias meningkat 20 hp dibandingkan Fireblade varian 2004-2007. Honda Electronic Steering Damper (HESD) salah satu fitur standar motor ini, fungsinya jelas yaitu membantu mengurangi chatter saat motor berakselerasi pada kecepatan tinggi. Desain nose cone didesain mirip Paus pembunuh / killer whale (hewan predator paling cerdas) membuat aliran udara mengalir dengan cepat ke arah air intake. Kompresi CBR1000RR dibuat super tinggi mendekati angka 12.3 : 1 dan bobot motor 172 kg.
honda_cbr1000rr_2008_07_1024x768
Penampilan Baru… Harga Tetap !
Tidak sulit menemukan perbedaan, yang jelas seperti juga Yamaha YZF R1 2009, ini adalah varian All new CBR yang tentunya total berbeda dengan farian sebelumnya (mirip dengan CBR-600RR 2003-2007) Sasis juga demikian dibuat lebih ramping dan tipis, tetapi lebih rigid, sehingga memungkinkan motor untuk melakukan akselerasi-deselerasi secara ekstrim tanpa mengalami problem kesetabilan. Posisi knalpot yang sebelumnya serupa dengan milik Dani Pedrosa (satu di samping kanan, satu lagi di bawah seat cowl) kini berubah menjadi 1 berada disamping dengan konfigurasi 4-2-1-1 . Agaknya trend kenalpot seperti ini bakal menjadi trend, karena ternyata All new Kawasaki ZX-10R dan Aprilia RSV4 juga melakukan yang sama. Sayangnya jika knalpot tersebut di ganti dengan produk aftermarket penampilan motor justru terlihat janggal. Ternyata ada satu hal yang sama sekali tidak berubah pada CBR1000RR ini,  yaitu yang tidak berubah adalah harga motor, karena motor ini dijual 9000 gbp alias sama persis dengan varian pendahulunya. Jika penasaran dengan CBR1000RR Fireblade 2009, datang saja ke sirkuit sentul pada kejurnas Superbike Nasional tangal 1 maret 2009, pastinya anda bisa menyaksikan Fireblade 2009 warna maroon membantai lawan lawanya dikelas MP-10