Engine diberi kode MR03 dengan nama NSF250. Jantung Honda NSF250R adalah diplacement 249cc DOHC satu silinder. Klep terbuat dari titanium dengan tujuan mengurangi gesekan, tahan terhadap pressure dan suhu berlebih akibat rpm tinggi . Untuk menjaga engine tetap kompak terpusat pada satu titik massa maka konstruksi silinder dibuat pada kemiringan 15derajat. Tidak hanya itu….kepala serta dinding silinder dilapisi nikel silikon. Fungsinya sekali lagi untuk reduce friction dan meningkatkan keawetan mesin. Shaft balancing ditempatkan sedemikian rupa pada crankshaft sehingga bisa membantu kekuatan mesin dan konsentrasi massa. Efeknya….rotary maksimal permenit mencapai 14ribu, output tenaga tembus 35,5kw/13,000rpm (setara dengan 47,5hp). Opo ora edan!!! . Terus gimana dengan sasis?..
Basic casing dan sasis NSF250R sebenarnya sama dengan RS125. Tapi frame dan swing arm dikonfigurasi ulang menyesuaikan karakter mesin 4tak. Begitu pula struktur suspensi….dasarnya identik dengan RS125. HRC tidak mau membuang ciri khas kestabilan motor Honda ketika mengerem seperti yang sudah dimiliki RS125. Lewat pemilihan sasis serta part ringan yang disematkan pada NSF250, berat kosong sikuda besi bener-bener enteng yakni hanya 84kg….(walah masih berat motor bebek ). Wis..sampeyan bisa bayangkan sendiri power to weight rasio output tenaga real NSF250r. Dipastikan accelerasi tidak akan kalah dengan mesin 2tak sekalipun. Sedang top speed…walau secara resmi belum ada informasi detil, dari sekedar mengamati semua informasi diatas sudah cukup bagi kita untuk meyakini bahwa motor ini mampu dengan enteng tembus pada kecepatan 200km/jam…
Sikuda besi pengganti Honda RS125 ini mempunyai kapasitas tanki 11liter, pengabut bahan bakar fuel injeksi (PGM FI), 6 speed gear, suspensi monoshock Pro-Link serta aluminium twin tube frame. Uniknya…untuk mengendalikan tenaganya yang besar, NSF250 hanya dibekali pelk berukuran sama dengan CBR150r yaitu depan 2,5inch belakang 3,5inch dengan diameter rim 17inch. Bukti bahwa sasis next gen Moto3 ini memang mumpuni. Kabarnya HRC bakal menjual NSF250 pada kisaran 23,600 Euros (U.S. $ 34,070) atau setara dengan 289,5juta (konversi 1 USD x IDR 8500)…
Last….dengan brojolnya generasi 4tak 250cc DOHC single silinder, praktis kelangsungan Honda RS125 sudah dihentikan (diluncurkan pada tahun 1996 dengan produksi terakhir pada tahun 2009 lalu). RS125 pernah dipakai Pedrosa dan Dovizioso sebelum menuju kejenjang top Motogp. Honda berharap kemunculan NSF250R akan dijadikan idola baru bagi para pembalap entry level dalam mengasah keterampilan riding lewat produk yang ditawarkan HRC. So kita tunggu kiprahnya tahun depan mzbro. Ocree….(iwb)
NSF250R Specifications
Model name | NSF250R | ||
Model type | MR03 | ||
Overall length × Overall width × Overall height(m) | 1.809×0.560×1.037 | ||
Wheelbase(m) | 1.219 | ||
Ground clearance(m) | 0.107 | ||
Seat height(m) | 0.729 | ||
Caster angle(degree) | 22°36″ | ||
Curb weight(kg) | 84 | ||
Fuel tank capacity(l) | 11 | ||
Engine type | liquid-cooled 4-stroke DOHC single cylinder | ||
Displacement(cm3) | 249.3 | ||
Bore × Stroke(mm) | 78.0×52.2 | ||
Maximum power(kW/rpm) | 35.5/13,000 | ||
Maximum torque(N・m/rpm) | 28.0/10,500 | ||
Oil Capacity (ENG OIL/T.M OIL) (l) | 1.27/0.55 | ||
Transmission | Type | Constant mesh | |
Gear ratio | 1st | 1.875 | |
2nd | 1.524 | ||
3rd | 1.304 | ||
4th | 1.167 | ||
5th | 1.077 | ||
6th | 1.000 | ||
Reduction gear ratio | Primary | 2.952 | |
Secondary | 2.333 | ||
Devices (Intake) | IACV | ||
Fuel supply system | PGM-FI | ||
Ignition type | Full-transistor | ||
Clutch type | Wet multiplate | ||
Lubricating type | Semi-Dry Sump | ||
Tire size | Front | 90/580R17 | |
Rear | 120/600R17 | ||
Rim size | Front | 2.50-17 | |
Rear | 3.50-17 | ||
Brake | Front | Type | Hydraulic disk |
Diameter | φ296 | ||
Rear | Type | Hydraulic disk | |
Diameter | φ186 | ||
Suspension | Front | Inverted telescopic | |
Rear | Pro-link suspension system | ||
Frame type | Aluminum twin tube |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
yang udah kasih komentar terimakasih!!!