Jumat, 07 Januari 2011

Mesin Skutik Kok Tertutup Cover Sih?



Contohnya mesin Suzuki Skydrive tertutup rapat
OTOMOTIFNET - Suatu hari ketika main ke sebuah bengkel milik seorang teman ada pelanggan bengkel yang tiba-tiba nyeletuk setelah melihat skutik sedang diservive. “Kok mesin skutik tertutup rapat ya (tertutup cover plastik)? Padahal mesinnya tertutup cover bodi dan ada dibelakang apa enggak panas?,” tanyanya.

Meski pertanyaan polos tapi boleh dong kita tanya ahlinya. Yang pertama menjawab adalah Josep Antony Tan, senior trainer Suzuki 2W Training Center, PT Indomobil Suzuki Internasional (ISI). “Mesin skutik harus tertutup karena pendinginan maksimal justru didapat bila mesinnya tertutup rapat.”

“Karena mesin skutik mendapatkan pendinginan dari kipas di sebelah kanan mesin. Konsepnya mirip Suzuki jet cooled dimana kipas tadi meniupkan angin ke mesin,” lanjutnya. Jadi  karena ada cover yang mengelilingi mesin tadi justru mesin tetap dingin oleh angin yang ditiup oleh kipas tadi.

Nah fungsi cover bodi tadi sebagai jalur angin dari sebelah kanan mesin di tiupkan melingkari blok silinder yang panasnya cukup tinggi. Lalu dilepaskan lewat bagian bawah cover tadi. Jadi tanpa cover tadi malah bisa berefek buruk bagi mesin.

“Justru kalau cover mesinnya di buka malah jadi panas, kecuali bila sudah dilengkapi radiator seperti Honda Vario,” lanjut Endro Sutarno, Instruktur Technical Service PT Astra Honda Motor. Atau sekalian dibuka semua seperti motor-motor drag bike yang telanjang tinggal rangka dan mesin.

Begitu sob!

Penulis/Foto: Popo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang udah kasih komentar terimakasih!!!