Jumat, 08 Juli 2011

Pasaran Harga Motor Besar di Indonesia


MotoBike - Bicara motor gede atau moge dengan kapasitas mesin 600 cc ke atas, harga pasti tinggi. Berdasarkan hasil pantauan, kondisi baru rata-rata di atas Rp.200 juta, kecuali Minerva Fischer MRX 650 yang hanya Rp 120 juta.

Nah gimana dengan yang seken? Seberapa penurunan harga atau depresiasinya? Menurut beberapa pedagang moge, rata-rata tahun pertama berkisar 15%, setiap tahun selanjutnya turun 10%. “Untuk satu tahun pertama sekitar 15%,” terang Hendrik, juragan Probike, salah satu importir umum (IU) penyedia moge berbagai merek.

Namun untuk merek yang belum terlalu kuat di pasaran moge, menurut Hadi Paulus, salah satu pedagang jual-beli moge yang beralamat di Jl. Nangka 2 No. 3 Cipete Utara, Jaksel, bisa lebih besar dari angka itu.

“Yang paling sedikit turunnya Yamaha dan Honda, sekitar 15%, kalau Suzuki dan Kawasaki bisa sampai 20%, bahkan untuk moge Eropa bisa langsung 20-25%,” ujarnya.

Ambil contoh Honda CBR 600RR, harga baru sekitar Rp 265 juta (OTR Jakarta), nah setahun kemudian punya pasaran berkisar Rp 205-230 juta.

Penulis : Aant | Editor : Pilot | Photo : Aant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang udah kasih komentar terimakasih!!!