Rabu, 11 Agustus 2010

First Ride Gilera Nexus 500 Skutik


Tambah lagi deh deretan skutik gambot di Tanah Air. Jika belum lama ini importir umum; Biker Plus mendatangkan Piaggio Beverly Cruiser 500, kini Sun Motor (SM) di Jl. Slamet Riyadi, Jaktim, ogah kalah mengimpor 5 unit Gilera Nexus 500S 2008.

“Empat unit di antaranya langsung laku terjual tak lama setelah kami perkenalkan di Pondok Indah Mall (PIM) baru-baru ini,” ungkap Nugroho Tjandrakusuma, direktur SM yang merupakan sole distributor Piaggio, Vespa dan Gilera di Indonesia.

Panel instrumen di dashboard kental nuansa sport
Pembelinya tentu kalangan pehobi berduit, mengingat banderol skutik bermesin 1 silinder dengan kapasitas murni 460 cc ini terbilang wah. “On the roadnya Rp 198 juta. Tadinya yang satu juga ada yang mau beli. Namun sengaja gak kami jual karena buat contoh di showroom,” lanjut Pak Nu, sapaan akrabnya. Sebab dengan duit segitu pilihan motor berkapasitas besar di Indonesia cukup banyak. Misal bila ingin dianggap jantan and macho ada H-D Sportster. Nambah dikit lagi bisa dapat motor bergaya sport tulen kayak Yamaha R6 dan sebagainya.

Bagasi super lapang dan penutup tangki bensin yang mudha untuk dijangkau
 
“Pasti yang beli orangnya hobi atau fanatik merek Italia. Kerena biasanya sudah merasa familiar dan nyaman sama produk itu,” ujar Teguh Ariyanto, salah satu pengguna skutik Italiano, Piaggio X9. Nah, penggemar produk-produk Italia itu di Tanah Air menurut Teguh belakang makin banyak. Buktinya setelah sukses melego 4 unit Nexus dalam waktu singkat, SM kembali dapat permintaan motor serupa. “Sebentar lagi akan datang 3 unit sesuai pesanan. Sebenarnya lebih, tapi sayang kuota kami tidak banyak. Sehingga kami tak bisa penuhi. Mungkin tahun depan kuotanya bisa nambah,” harap Pak Nu.

Oh ya, apa yang dikatakan Teguh soal kenyamanan menunggang skutik gambot asal negeri Piza bukan isapan jempol belaka. Sebab Mr. Testo pun sempat menjajal beberapa produk dari negeri asal kelahiran Valetino Rossi itu. Mulai X9, Berverly Cruiser 500, MP3 yang mengusung roda depan 2 biji, hingga Gilera Nexus 500 bersistem bahan bakar injeksi milik SM ini.
Tapi memang gak sembarang orang bisa merasakan kenyamanan itu (khusus Nexus ini). Sebab selain berdimensi gede, jarak jok ke tanah cukup tinggi. Sehingga hanya rider berpostur jangkung (minimal 170 cm) saja yang bakal nyaman menaklukkannya. Ditambah mesti punya skill dan pengalaman mengendarai motor jenis ini. Soalnya di samping bobot lumayan berat, yakni 1,7 kali Honda Tiger, performanya juga tak main-main. “Grip gas dibejek dikit aja, akselerasi motor langsung mengentak hebat. Kalo gak terbiasa menunggang skutik, bisa-bisa motor nyelonong,” tutur Mr. Testo.

Model kompak yang sangat futuristik
Maklum, pasalnya Nexus gopek ini mengusung mesin 1 silinder berkarakter over square (diameter piston lebih gede dari langkah). Sehingga torsi yang dihasilkan di putaran rendah sudah pasti dahsyat. Max torque yang bisa dikail mesinnya aja tembus 32 Nm di putaran 5.500 rpm. Atau sekitar 2 kali lebih hebat dari torsi Tiger lama. Sedang tenaga puncak mencapai 40,12 dk di 7.500 rpm.

Di Eropa maupun Amerika, untuk bisa mengendarai motor ini, ridernya harus mengantongi full motorcycle licence alias surat izin mengemudi (SIM) level paling atas. Kalau di Indonesia kan belum ada penjenjangan seperti itu untuk roda dua. Berani menakklukkan?

Data spesfikasi:
Model : Skutik
Tipe mesin : 4-Tak, single silinder, pendingin cair
Kapasitas mesin : 460 cc
Diameter x langkah : 92,0 x 69,0 mm
Tenaga maksimum : 29,3 kW (40,12 dk)/7.500 rpm
Torsi : 43 Nm/5.500 rpm Rasio kompresi : 10.5:1
Sistem BBM : Injeksi
Kontrol Bahan Bakar : SOHC
Pengapian : Electronic inductive discharge, variable spark advance controlled by electronic injection
Rem depan : Doubel disk, @ 260 mm Brembo disk
Rem belakang : Singgel disk, 240 mm Brembo disk
Transmissi : CVT dengan kopling sentrifugal
Tipe sasis : Double cradle trellis made of high-strength steel tubes
Suspensi depan : Kayaba telehydraulic fork, and #1440;41 mm shafts
Suspension belakang : Progressive POWER DRIVE, Kayaba gas shock absorber with spring preload
Berat kosong : 199 kg
Tinggi jok : 795 mm
Panjang : 2.090 mm (82,3 inci)
Lebar : 765 mm (30,1 inci)
Sumbu roda : 1.515 mm (59,6 inci)
Kapasitas tangki BBM: 15 liter
Emisi gas buang : Euro 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang udah kasih komentar terimakasih!!!