Rabu, 01 September 2010

Kupaz Tuntaz Honda New Megapro …!!!




Quantcast
Well,… banyak penjelasan pada acara test ride kemaren di Resto Sari Kuring Kawasan SCBD tentang Honda New Megapro …!!! Secara umum dibandingkan Honda Megapro lama… memang Honda New Megapro terlihat lebih baik ,… baik dari sisi tampilan ataupun dari sisi performance… !!! Selain itu banderol Honda New Megapro lebih murah, mengingat 95% komponen yang digunakan sudah komponen lokal …!!! :D
Honda New Megapro mempunyai bentuk Shroud yang lebih lebar… !!! Jadi kesan kekar ditimbulkan dari shroud nya ini …!!! Panel indikatornya gabungan antara analog dan digital ..!!! Kecepatam atau speedometer ditunjukkan dalam bentuk digital… sedangkan tachometer ditunjukkan dengan jarum (analog) …!!! Head lampnya juga dilengkapi dengan multi reflektor …!!!  Kunci kontaknya menggunakan fitur kunci kontak bermagnet… sehingga relatif lebih secure (key shutter)…!!
Honda New Megapro menggunakan engine 149.2cc 4 stroke, single cylinder, SOHC dan berpendingin udara …!!! Compression rationya mencapai 9.5:1,.. dan power yang bisa dihasilkan menjadi 10.1KW pada 8500RPM, dan 12.9Nm pada 6500RPM …!!! Dibandingkan dengan Megapro lama, power New Megapro mengalami peningkatan… sebagai gambaran power Megapro lama sebesar 9.8KW pada 8500RPM …!!! Transmisi kecepatannya mempunyai 5 percepatan … dan menggunakan type kopling basah …!!! Akselerasi motor ini, yang gue rasakan cukup responsif… dengan mudah mengail kecepatan maksimum untuk setiap gigi …!!! Hal ini disebakan pemilihan parts yang lebih ringan… seperti penggunaan alumunium di beberapa bagian… !!!
Sistem pendingin udara nya menerapkan model 2 way air jacket… dimana udara dialirkan melalui 2 sisi yaitu sisi inlet dan busi …!!! Selain itu untuk memaksimalkan daya tahan piston, terdapat juga sistem pendingin oli yaitu oil jet dimana oli disemprotkan langsung ke bagian bawah piston melalui nozzle…!!! Ogh yaaa,…. piston yang digunakan pada Honda New Megapro lebih ringan namun kuat…. ketimbang Megapro lama… !!! Piston Honda New Megapro  beratnya hanya 89 gram… sedangkan piston yang digunakan pada Megapro lama mempunyai berat sebesar 144gr …!!!
Fitur offset crankshaft dapat mengoptimalkan hasil pembakaran, sehingga power lebih efektif. Fitur lain adalah inlet tumbler port, dimana campuran bahan bakar yang masuk dalam ruang bakar diarahkan secara vertikal sehingga campuran bensin dan udara yang masuk akan terbakar lebih sempurna …!!! Klep dibuka-tutup dengan menggunakan roller rocker arm… sehingga mengurangi hambatan gesek secara signifikan. Selain itu motor ini telah juga menerapkan multip mapping ignition ….!!!
Dari sisi chasis,… motor ini mempunyai kekauan (rigidness) 45% lebih baik ketimbang Honda Megapro lama… dan ini akan berpengaruh pada handling …!!! Riding position motor ini memang seperti motor laki lainnya… jadi lebih mudah untuk dikendarai …!!! Untuk motor ini, memang pabrikan Honda lebih mengarah pada easiness to handle dan comfort riding position …!!! Handling nya pun relatif cukup mantaaap, dimana suspensi depan menggunakan teleskopik fork dan suspensi belakang sudah monosock yang dapat diatur tingkat kelembutan ataupun kekerasan nya …!!!
Rem depan dan belakang sudah disc brake,.. dimana pada rem depan menggunakan dual piston sedangkan pada rem belakang menggunakan single piston …!!! Khusus Honda New Megapro CW  menggunakan ban tubeless, dimana pada ban depan menggunakan ukuran 80/100-17, sedangkan pada ban belakang menggunakan ukuran 100/80-17 …!!! Berat kosong motor ini 136 kg,… dan kapasitas tangki bensin sekitar 12 literz… dan telah menggunakan aki kering …!!! Konsumsi bahan bakarnya diklaim lebih irit 22% dibandingkan Honda Megapro lama …!!!

Tersedia dalam 4 pilihan warna yaitu abu-abu, hitam, biru dan merah …!!!  Motor ini  dibanderol sekitar Rp. 19.5 jeti untuk varian Cast Wheel (CW) sedangkan untuk varian Spoke wheel (SW) dibanderol sekitar Rp. 18.3 jeti …!!! Ogggh ya,.. waktu indent saat ini relatif pendek… hanya sekitar 2 – 4 minggu saza …!!! Faktor readiness ini yang bakalan menjadi salah satu faktor penetrasi yang lebih cepat ke pasar… dan tentu saza menjadi lawan yang tangguh bagi Yamaha Byson …!!!

1 komentar:

  1. pusing bacanya gan,,fontnya kurang nyaman dibaca
    by the way..thanks postingannya

    BalasHapus

yang udah kasih komentar terimakasih!!!