Rabu, 01 September 2010

Suzuki Hayabusa G2 vs Kawasaki ZX14


Dua motor ini kelihatanya pelan …
Sejarah : Hyperbike – Free For All !
Kelas hyperbike diperkenalkan pada awal tahun 1990an. Filosofi dari kelas ini adalah bagi mereka yang merasa tenaga superbike (kala itu berkapasitas 750cc kemudian 1000cc) dirasa terlalu lemah 8O. Hal ini sebenarnya cukup wajar. Pasalnya motor-motor WSBK waktu itu semisal Ducati 916 ataupun Honda RC45 memiliki lap time yang lebih lambat dari motor 2tak Gp125 8O Sehingga ide memunculkan motor dengan kapasitas nyeleneh pun muncul. Salah satunya oleh Honda CBR1100XX Blackbird. Kala itu mesin 1100cc sudah merupakan hal yang nyeleneh. Namun Suzuki merubah segalanya dengan memproduksi Hayabusa alias GSX1300 dengan kecepatan maksimum 312 km/jam. Kini dengan semakin besarnya motor kelas Superbike (1000cc – 1200cc) mau gak mau kapasitas motor untuk disebut hyperbike diperbesar menjadi diatas 1300cc. Konsekuensinya adalah motor Hyperbike hari ini lebih cocok disebut Road Warrior ketibang Track Warrior walau demikian kenyamanan mengendarai Hyperbike lebih oke dibanding berada diatas Superbike! Sebagai tambahan kecepatan Hyperbike dibatasi 299 km/jam dan pelepasan limiter dianggap memodifikasi motor sehingga berapapun kecepatan yang diraih tidak akan dicatat secara resmi.
Diadu sama Suzuki Skywave gw menang mana ya?
Memperkenalkan : Suzuki Hayabusa G2
Dibandingkan desain Hayabusa G1 (1999-2007) secara kasar nggak ada perubahan signifikan, selain bentuk head lamp dan seat cowl yang dibuat lebih membulat. Selebihnya desain alien Hayabusa juga nggak berubah. Kapasitas mesin adalah 1350 cc dengan tenaga mesin sekecil … 195 hp pada 9070 rpm dan torsi nggak lebih dari  132nm pada 9000 rpm. Pokoknya tenaga ini cukup untuk melesatkan rocket  Hayabusa menembus angka 299 km/jam (limited)
Kalau motor polisi seperti ini … malingnya pake apa ya? Desmosedici RR ? YZR M1 atau …
Konsep : Lebih mengarah ke Superbike dan dijadikan motor Polisi
Kebetulan indobikers pernah diberi kesempatan menjajal Hyperbike ini. Meski nggak seenak Yamaha R6 saat melahap tikungan namun motor bongsor ini ternyata cukup lincah dikala melahap sirkuit sentul. Desain dan riding position Hayabusa sendiri lebih mencerminkan Superbike ketibang motor sport touring. Yang pasti di Oaklahoma – amerika polisi lalu lintas & Highway patrol mereka menggunakan Suzuki Hayabusa G2! Sebaiknya pikir-pikir dahulu sebelum bikin ulah, meskipun anda mengendarai  Ducati 1198R,  Honda CBR1000RR ataupun Yamaha YZF R1 karena  jalanan disana didominasi lintasan lurus bukang tikungan dan disitulah Hayabusa menerkam mangsanya !
Di speedo meternya tertulis  0,200,220,230,240,250 …
Memperkenalkan : Kawasaki Ninja ZX14
Ok, ini ZX bukan ZZ ! Artinya motor ini memiliki konsep Superbike buka sport touring ! Kawasaki ZX1400 merupakan satu satunya alternatif  jika anda tidak menyukai Suzuki Hayabusa G2. Kapasitas ZX1400 adalah 1350cc. Tenaganya sih biasa saja … untuk ukuran Hyperbike lho ! 190 hp dan torsinya lumayan GEDE yaitu 153 nm pada 7500rpm.  Top speednya juga standar Hyperbike saat ini yaitu 299 km/jam !
Tampangnya imuuut …
Konsep : Lebih Sporty ketibang ZZ1400 tapi Lebih Nyaman ketibang Hayabusa !
Ada ZX tentu ada ZZ. ZX1400 memang varian sporti dari ZZ1400 tetapi anehnya Kawasaki ZX1400 ini cukup nyaman untuk dipakai harian! Riding position nggak jauh beda sama Ninja ZX250R ! Hal ini yang menjadi nilai plus ZX1400. Tetapi desain Kawasaki ZX1400 yang terlalu konserfativ menjadi kurang familiar di mata konsumen. Yang jelas jika menganggap ZX1400 terlalu sangar dan masih kurang nyaman, silahkan pilih Kawasaki ZZ1400 !
Motor begini dianggap kurang kenceng ? sampeyan kurang waras kali yeee ?
Verdict :  Hayabusa atau ZX14 kurang kencang? Anda seorang pemberani  atau benar benar bodoh !
Sulit memisahkan keduanya, tapi yang pasti baik ZX1400 ataupun Hayabusa G2 memiliki Deterent yang begitu besar. Siapapun pengendaranya tidak perlu pamer ataupun Show off dengan gebar-geber gas apalagi ngebut! Kambing pun tahu bahwa keduanya merupakan motor paling perkasa yang pernah dibuat manusia saat ini. Yang pasti Hayabusa cocok bagi mereka yang doyan modifikasi sedangkan ZX1400 lebih pas bagi mereka yang konservatif. Selebihnya tergantung selera masing-masing. Uniknya masih ada beberapa manusia yang berusaha meningkatkan top speed baik Hayabusa dan ZX14 8O karena mereka menganggap keduanya kurang kencang ! Saran Indobikers adalah membawa mereka ke psikiater untuk memeriksa apakah syaraf mereka terganggu, jika tidak mungkin menjadi pilot jet tempur lebih cocok buat mereka !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang udah kasih komentar terimakasih!!!